Kamis, 06 Desember 2012

Cara Membuat Animasi Kembang Api

animasi kembang api

Mungkin kita ingin membuat animasi power point yang benar-benar bergerak. Kita tidak merasa cukup untuk meletakkan gambar gif dalam power point. Tetapi, lebih ingin untuk mencari animasi power point yang aneh-aneh. Salah satu animasi power point yang layak dicoba adalah, ketika kita membuat animasi power point berupa kembang api. Tidak memerlukan flash atau gambar gif. Dengan bermodalkan hal-hal yang sudah ada di power point, kita bsa menciptakan kembang api tersebut. Cara ini sudah dirilis oleh GWorldProduction di Youtube pada 16 Mei 2010 lalu. Cara membuat animasi power point kembang api ini cukup mudah, meski sedikit agak lama.

Cara Membuat Animasi Kembang Api Power Point

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat bentuk lingkaran. Caranya, pilih tab insert dan klik kolom shapes. Kita sudah dibantu dengan tinggal memilih gambar lingkaran. Letakkan lingkaran tersebut di bagian atas slide show. Kemudian, cobalah klik kanan dan pilih format shape. Di sini, kita akan mengatur warna lingkaran ini agar sesuai warna kembang api; yaitu berupa warna gradasi oranye-kuning. Cara memilihnya, pada bagian fill, pilihlah gradient fill. Kemudian, carilah warna gradasi oranye-kuning tersebut. Setelah ditemukan, jangan lupa untuk mengubah tipe gradien fill Anda menjadi radial (membentuk lingkaran). Ubah pula bagian direction sehingga warna oranye akan terletak di bagian luar sedangkan kuning di bagian dalam. Kita sudah menyelesaikan tahap awal animasi power point kembang api.

Selanjutnya, buatlah bentuk baru berupa gambar elips yang diletakkan di bagian bawah slide show. Fungsinya, elips ini nanti akan ditarik ke atas sehingga menimbulkan efek kembang api yang diluncurkan. Caranya pun sama, kita menyusun agar elips ini berwarna gradasi oranye-kuning. Yang paling penting, jangan lupa untuk meletakkan elips ini, sekali lagi, ada di bawah slide show sehingga tidak terlihat.

Selanjutnya, berikan efek tambahan pada elips tersebut berupa efek entrance appear. Kemudian, tambahkan lagi efek berupa motion path vertikal. Tarik garis vertikal tersebut hingga bagian dalam lingkaran yang sudah kita gambar tadi. Jangan lupa efek motion path vertikal ini harus disusun dengan start yang berbarengan dengan efek pertama (with previous). Untuk membuat efek agar elips ini hilang, kita tinggal menambahkan efek animasi power point berupa efek exit, kemudian pilih disappear. Jangan lupa untuk membuat settingan start efek disappear ini setelah dua efek sebelumnya (after previous). Dengan cara ini elips yang sudah diluncurkan ke tengah lingkaran, nantinya akan lenyap seperti halnya animasi kembang api. Namun, pekerjaaan animasi power point ini belum selesai.

Kita kembali ke lingkaran yang tadi belum diutak-atik sama sekali berkaitan dengan animasi power pointnya. Pilihlah efek appear, grow/shrink (ada dalam emphasis), dan terakhir dissolve (ada dalam exit). Susunlah ketiga efek ini dengan start bergerak sama dengan efek terakhir bentuk elips, yaitu efek disappear. Jika settingan yang Anda susun sudah benar, Anda akan melihat bahwa kembang api yang dibuat dengan animasi power point sederhana ini sudah jadi. Cukup mudah bukan?

Untuk mendapatkan efek yang kuat tentang animasi power point berupa kembang api ini, silakan klik kanan slide show Anda, kemudian pilih format background. Anda harus membuat background yang gelap. Anda bisa memilih warna hitam atau warna gradasi hitam. Andai sudah disetting sedemikianrupa, maka animasi power point berupa kembang api sudah selesai dibuat.

Untuk menambah efek cahaya, kita sekarang tinggal mengeklik kanan gambar lingkaran tadi. Kemudian, pilihlah tab drawing tools. Lalu, masuklah dalam shape effects. Pilihlah kolom glow dan tentukan sendiri seberapa besar efek cahaya yang kita butuhkan. Mudah bukan menggunakan efek animasi power point ini?

Selanjutnya, kita mungkin ingin menambah animasi power point ini di beberapa tempat di slide show. Kita tidak perlu lagi menyusun satu demi satu seperti yang dicontohkan di atas. Kita tinggal memblok seluruh bidang gambar lingkaran dan elips yang menyusun animasi power point tadi. Caranya, dengan menekan klik kiri sepenuhnya seperti ketika kita mengeblok sebuah tulisan di Microsoft Word. Kemudian, setelah selesai, klik kanan dan pilih copy. Selanjutnya, kita tinggal memencet tombol paste dan jadilah beberapa kembang api yang semakin mempercantik animasi power point kita.

Dua contoh di atas hanyalah sedikit dari sekian animasi power point yang bisa kita buat. Yang paling penting, kita mesti menyadari bahwa kesuksesan presentasi tidak hanya berasal dari bagusnya animasi power point, tetapi juga kemampuan kita menyampaikan materi yang baik.

Sumber : http://www.bermacam.info/

0 komentar:

Poskan Komentar