Kamis, 06 Desember 2012

Membuat Animasi Gelembung



Untuk memperindah presentasi Anda, tentunya dengan powerpoint, banyak sekali pilihan dan alternatif yang disediakan, salah satunya dengan menambahkan animasi. Kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk membuat animasi gelembung, berikut tutorialnya:

Buat Gelembung - Buat gelembung dengan bangun lingkaran, yaitu dengan Insert>Shapes>Oval. Untuk membuat bagun oval menjadi lingkaran, dapat dilakukan dengan menekan Shift saat mendrag bangun tersebut. Atur sedemikian rupa sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.


- Kemudian edit dan atur fillnya dengan klik kanan pada gambar lalu pilih Format Shape. Atur sesuai kehendak Anda yang sekiranya mirip dengan gelembung.

- Copy gambar tersebut untuk memperbanyak gelembung sebanyak yang Anda inginkan, kemudian resizesebagian gambar dengan ukuran berbeda agar terlihat tidak monoton. Kemudian letakkan pada bagian bawah karena kita akan mulai animasi dari bawah ke atas.


Buat Animasi
- Buat animasi dengan motion path (baca: Menggunakan Motion Paths). Dalam hal ini kami menggunakanScribble.


- Gambar alur gerakan masing-masing gelembung dengan Scribble. Kemudian atur animasi agar langsung berjalan ketika slide muncul dengan With Previous.


Atur efek dari tiap motion dengan efek option, maka akan muncul tampilan seperti berikut.


Penjelasan:
Gunanya untuk membuat awalan dan akhiran animasi menjadi lembut, maka dalam hal ini kita uncheckkarena jika kita mengawali dan mengakhiri animasi dengan lembut, maka akan terlihat seperti tersendat.
Untuk mengatur mulai animasi
Waktu untuk mengatur animasi harus menunggu sekian detik setelah animasi lain berjalan. Dalam hal ini di buat beragam agar animasi tidak mulai bersamaan.
Kecepatan yang ditempuh untuk setiap animasinya. Dalam hal ini juga dibuat beragam agar animasi terlihat lebih ramai.
Untuk mengatur pengulangan animasi. Dalam hal ini kita pilih Until Next Click untuk mengulang-ulang animasi sampai klik selanjutnya.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Sumber : http://id.4presentation.net/

0 komentar:

Posting Komentar